Sarana dan Prasarana

 
Salah satu masjid di Desa Bangsereh
Kondisi sarana dan prasarana umum Desa Bangsereh secara garis besar sebagai berikut:
1.    Balai Desa
Desa Bangsereh memiliki balai desa yang terletak di rumah Kepala Desa Bangsereh yang telah dilengkapi dengan kursi yang cukup untuk melakukan rapat-rapat desa. Selain itu balai desa ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan atau ruang baca mini dan toilet. Informasi mengenai perangkat desa, struktur organisasi, dan buku peta wilayah juga terdapat pada balai desa ini. 
2.    Sekolah
Sarana dan prasarana pendidikan yang terdapat di Desa Bangsereh terdiri dari 1 buah TK, 2 buah SD, 2 buah MI, 1 buah SMP,  dan 1 buah MTs. Disini terlihat bahwa tidak adanya SMA, sehingga jika masyarakat desa ingin melanjutkan pendidikan SMA harus pergi ke luar desa.
3.    Sumber Air
Dalam hal Sumber Air sesuai dengan sumber data dari Badan Pusat Statistika Kabupaten Bangkalan didapat bahwa masyarakat Desa Bangsereh mendapatkan air bersih dari mata air dan sumur/pompa. Warga yang mendapatkan air yang bersumber dari mata air sebanyak 146 KK sedangkan yang menggunakan sumur/pompa sebanyak 315 KK. Kedua sumber air bersih tersebut dapat digolongkan secara umum dalam kondisi yang baik. Walaupun beberapa warga juga mengakui bahwa pada musim kemarau, ada kalanya air terkadang sulit didapatkan. 
4.    Masjid
Desa Bangsereh memiliki 2 buah Masjid dan 12 buah Surau/Langgar. Masjid atau Langgar ini menjadi tempat dimana masyarakat Bangsereh melakukan aktivitas keagamaan, seperti Sholat Berjamaah. Akan tetapi, dari sini kita dapat lihat bahwa Desa Bangsereh tidak memiliki fasilitas keagamaan bagi masyarakat yang beragama non-islam karena mayoritas semua penduduk di Desa Bangsereh memeluk agama Islam.
Dan berikut adalah tabel sarana dan prasarana di Desa Bangsereh :
No
Sarana dan Prasarana
Jumlah
1
Balai Desa
1
2
SMP
1
3
MTs
2
4
SD
2
5
MI
1
6
TK
1
7
Masjid
2
8
Langgar
12
9
Pasar Desa
1
10
Lapangan Sepak Bola
1
11
Jalan Kabupaten
29 Km
12
Jalan Desa Aspal
10 Km
13
Jalan Desa Makadam
700 M
14
Posyandu
2
15
Pustu
1

0 komentar:

Copyright © 2018 Desa Bangsereh