Demografi Desa

Pohon Akasia yang banyak tumbuh di Desa Babgsereh 
1.    Penduduk Desa
Desa Bangsereh merupakan salah satu desa dari 15 desa yang berada di Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan. Total penduduk Desa Bangsereh sebanyak 1.844 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 903 jiwa dan perempuan 941 jiwa. Sedangkan jumlah kepala keluarga yang ada di Desa Bangsereh sebanyak 983 KK. Mayoritas penduduk Desa Bangsereh memeluk agama Islam dengan jumlah 1.844 jiwa.
2.    Pendidikan Penduduk
Tingkat pendidikan penduduk di Desa Bangsereh ini rata-rata adalah tamat Sekolah Dasar (SD). Jumlah penduduk yang tingkat pendidikannya di jenjang Sekolah Dasar (SD) adalah 384 orang, jumlah penduduk yang ada di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah 165 orang, jumlah penduduk yang ada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah 168 orang, jumlah penduduk yang ada di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah 80 orang. 
Fasilitas pendidikan yang terdapat di Desa Bangsereh berupa TK Al-Muhajirin dan Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN Bangsereh 01 dan SDN Bangsereh 02, serta dua Madrasah Ibtidaiyah Swasta yaitu MIS Amanatul Ummah dan MIS Raudlatul Mutaalimin. Selain itu terdapat Sekolah Menengah Pertama yaitu SMPN 2 Sepulu, serta Madrasah Tsanawiyah yaitu MTsS Amanatul Ummah. Sehingga dapat diartikan tingkat pendidikan pendidikannya masih rendah.
3.    Mata Pencaharian Penduduk
Desa Bangsereh dikenal sebagai Desa agraris, memiliki potensi alam yang cukup prospektif bagi pengembangan perekonomian wilayah ditingkat desa. Sesuai dengan potensi ekonomi Desa yang ada, perekonomian di Desa Bangsereh masih mengandalkan pada sektor pertanian dan peternakan sebagai basis dan penggerak roda perekonomian wilayah. Pertanian dan peternakan sebagai sektor unggulan sampai saat ini masih memiliki peran yang dominan dan strategis bagi pembangunan perekonomian.
Jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani adalah 367 jiwa, jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai pedagang adalah 14 jiwa. Sedangkan, jumlah penduduk yang berprofesi dalam bidang industri adalah 15 orang dan sebagai konstruksi 1 orang. Jumlah penduduk yang berprofesi dibidang  sebanyak 17 orang dan yang berprofesi dibidang jasa sebanyak 28 orang.
Warga yang  mencari pakan ternak
4.    Kesejahteraan Penduduk
Kesejahteraan merupakan suatu hal yang wajib diperoleh oleh setiap penduduk. Bukankah telah kita ketahui bersama bahwa salah satu tujuan negara Indonesia adalah mensejahterkan rakyatnya. Tingkat kemakmuran suatu negara dikatakan baik apabila penduduk tersebut telah mendapat kesejahteraan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan upaya dari pemerintah untuk mensejahterakan penduduknya. Kesejahteraan suatu penduduk itu sendiri dapat dilihat dari kesejahteraan pendapatan di tiap keluarga.
5.    Kondisi Sosial Budaya
Kondisi sosial budaya yang ada di Desa Bangsereh tidak jauh dari kondisi sosial budaya desa lain khususnya di kecamatan Sepulu pada umumnya desa di pulau Madura. Di Desa Bangsereh masih sangat menjunjung tinggi perdamaian, dan nilai-nilai agama khususnya agama islam. Hal ini ditandai dengan mayoritas penduduknya beragama islam, serta masih memperhatikan dan menggunakan nilai-nilai tradisi atau adat istiadat setempat. Masyarakat Desa Bangsereh tak lepas dari rasa saling gotong royong yang besar diantara warga. Tegur sapa yang yang sangat lekat pada masyarakat sangat terasa sehingga membawa keharmonisan dikalangan masyarakat Desa Bangsereh.

0 komentar:

Copyright © 2018 Desa Bangsereh